Pengenalan dan Keuntungan Yang Bisa Didapatkan Dari Jaringan Komputer

komputerdia.com - Dengan semakin majunya teknologi komputer dan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan teknologi ini, telah menciptakan berbagai konsekuensi, diantaranya adalah peningkatan ketergantungan terhadap teknologi.

Bagi sebagian besar kalangan masyarakat, pekerjaan mereka saat ini harus diselesaikan dengan perankat komputer serta perangkat pendukung lainnya. Salah satu bentuk penerapan teknologi komputer tersebut adalah sistem jaringan komputer.

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer dan sekumpulan perangkat hitung lain yang saling terhubung untung berbagi sumber daya. Sumber daya yang paling populer adalah konenksi ke internet. 

Sumber daya yang lainnya bisa meliputi printer atau file server. Komputer dalam jaringan bisa disebut nodes. Sambungan diantara komputer bisa melalui kabel, yang paling umum adalah kabel Ethernet, atau wireless. Komputer yang tersambung dapat berbagi sumber daya (sharing resource), seperti mekakses internet, printer, dan lain lain

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Pengenalan dan Keuntungan Yang Bisa Didapatkan Dari Jaringan Komputer

Pengertian Sistem Jaringan Komputer

Sistem jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer serta perangkat jaringan lainnya yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama serta terarah. Tujuan dari jaringan komputer sendiri, antara lain sebagai berikut :
  • Membagi sumber daya, contohnya berbagi pemakaian hardware serta berbagi koneksi internet
  • Mudah dalam melakukan komunikasi antar komputer, contohnya seperti penerapan e-mail atau bahkan media sosial lainnya
  • Kegiatan instan messaging atau chatting
  • Akses informasi, contohnya web browsing
  • Dasar acuan dalam membangun sistem jaringan warnet atau game online erta membangun sitem jaringan dalam suatu instansi atau suatu perusahaan
Dengan menggunakan jaringan komputer, kalian juga akan mendapatkan beberapa keuntungan, diantaranya adalah :

1. Hardware Sharing

Menerapkan sistem jaringan kompute, memungkinkan untuk berbagi pakai hardware (perankat keras) secara bersamaan. Dengan kata lain, dalam jaringan komputer sebuah hardware seperti printer dapat digunakan secara bersamaan selama masih tersambung atau terhubung di jaringan tersebut.

Begitu pula dengan penggunaan hardware scanner, CD/DVD ROM, HardDrive serta perangkat keras lainnya yang memungkinkan untuk bisa digunakan secara bersamaan dalam keadaan terhubung pada jaringan komputer tersebut


2. High Performance

Dengan menggunakan jaringan komputer, kaian akan mendapatkan tingkat kemampuan yang tinggi dengan memiliki sumber data alternatif. Misalny, data yang digunakan dapat disimpan atau di copy ke beberapa komputer yang terhubung dengan jaringan komputer (sharing data).

Sehingga jika salah satu komputer pada jaringan komputer tersebut rusak, maka salinan data tersebut masih bisa di akses dari perangkat komputer lainnya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:
Sistem jaringan komputer sangat memungkinkan untuk berbagi data serta informasi, termasuk juga berbagi koneksi internet sehingga sangat berguna sekali dalam menangani masalah saat beberapa komputer yang terhubung kedalam jaringan komputer tidak bisa terhubung ke internet secara individual.


4. Data Security

Dalam sistem jaringan komputer memungkinkan seorang administrator (orang yang mengatur jaringan komputer) dapat melakukan pengontrolan data-data penting agar bisa diakses oleh para pengguna yang berhak saja, sehingga data didalamnya alan lebih terjamin keamanan dan keutuhannya.


5. Saving Money

Manfaat lain dari istem jaringan komputer adalah penghematan biaya pengeluaran untuk pembelian hardware, karena peralatan pheriperal dalam sistem jaringan komputer dapat digunakan secara bersamaan, dengan catatan perangkat-perangkat komputer tersebut masih terhubung dengan baik pada jaringan tersebut

0 Response to "Pengenalan dan Keuntungan Yang Bisa Didapatkan Dari Jaringan Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2