Memecahkan Mitos Google Adsense Yang Ditakuti dan Dijauhi Para Publisher Selama ini
komputerdia.com - Pengertian Google Adsense atau dikenal dengan istilah GA adalah program periklanan yang dibangun oleh perusahaan Google untuk bisnis internet yang sangat popular di dunia online. Namun jika kita merujuk pada salah satu artikel wikipedia, dijelaskan bahwa AdSense adalah salah satu program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh perusahaan Google.
Melalui program periklanan AdSense ini, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan telah disetujui keanggotaannya, maka sudah diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan dan diatur oleh Google. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik
Cara kerja dari program google adsense ini adalah dengan cara meyisipkan atau menyimpan kode unit Iklan yang telah dipersiapkan oleh pihak Google kedalam website/blog dan juga bisa diteapkan pada platform aplikasi android serta youtube. Siapapun orangnya, dan apapun latar belakang pelakunya, semuanya bisa berpartisipasi dan tentunya bisa mendapatkan penghasilan dari Google.
Metode periklanan yang diberikan oleh GA itu sendiri adalah Pay Per Click (PPC) dan CPM, dimana pemasang iklan akan dibayar oleh google setara dengan jumlah click pada iklan yang terpasang serta banyak jumlah tayangan
Menjadi publisher adsense memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para para blogger, selain mempunyai tingkat relevansi yang tinggi google adsense pun sudah terbukti bisa membayar para publishernya dengan nominal yang fantastis. Namun selama ini yang menjadi pusat perhatian para publisher adsense adalah tentang kebijakan-kebijakan yang dibuat pihak google yang cukup penuh teka-teki.
Melalui program periklanan AdSense ini, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan telah disetujui keanggotaannya, maka sudah diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan dan diatur oleh Google. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik
Cara kerja dari program google adsense ini adalah dengan cara meyisipkan atau menyimpan kode unit Iklan yang telah dipersiapkan oleh pihak Google kedalam website/blog dan juga bisa diteapkan pada platform aplikasi android serta youtube. Siapapun orangnya, dan apapun latar belakang pelakunya, semuanya bisa berpartisipasi dan tentunya bisa mendapatkan penghasilan dari Google.
Metode periklanan yang diberikan oleh GA itu sendiri adalah Pay Per Click (PPC) dan CPM, dimana pemasang iklan akan dibayar oleh google setara dengan jumlah click pada iklan yang terpasang serta banyak jumlah tayangan
Menjadi publisher adsense memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para para blogger, selain mempunyai tingkat relevansi yang tinggi google adsense pun sudah terbukti bisa membayar para publishernya dengan nominal yang fantastis. Namun selama ini yang menjadi pusat perhatian para publisher adsense adalah tentang kebijakan-kebijakan yang dibuat pihak google yang cukup penuh teka-teki.
Dari sekian banyak pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para publisher adsense, diantaranya adalah sebagai berikut :
- Berapa batas maksimal iklan yang bisa dipasang di satu blog ?
- Apakah bisa memasang iklan lain (iklan pihak ke-3) pada blog yang ada iklan adsense-nya ?
- Dimanakah letak atau posisi iklan yang baik ?
- Bagaimana cara mendapatkan fitur matched content di google adsense ?
Dalam artikel kali ini, saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut, setelah saya menyimak video live streaming tentang google adsense pada tanggal 13 Juli 2017, akhirnya semua masalah tersebut bisa terjawab dengan pasti oleh pakar google adsense indonesia.
Mitos Google Adsense Yang Terjawab
1. Berapa Batas Maksimal Iklan Adsense Dalam Satu Blog ?
Pertanyaan pertama ini sangat sering sekali diajukan oleh para publisher adsense, namun dari sekian banyaknya jawaban kebanyakan hasil dari percobaan tiap-tipa bloger dan itu memang tidak jadi masalah.
Ada yang bilang tidak boleh lebih dari tiga, ada yang bilang jangan lebih dari 5 unit iklan dsb. Namun pada prosedur sebenarnya, ternyata google adsense tidak membatasi banyaknya iklan yang bisa di tempel atau dimasukkan kedalam suatu blog (situs). Hal ini dibenarkan oleh salah satu pembicara dari google adsense indonesia yang mengisi acara live streaming untuk membahas fitur-fitur terbaru dari adsense.
So, apakah sekarang kalian masih takut untuk memasang iklan dengan jumlah banyak di satu blog? Sebagai tambahan, pemasangan banyak unit iklan tersebut juga haruslah didorong dengan berapa panjang dan pendeknya artikel yang kalian buat. Jika kalian biasa membuat konten yang panjang maka pemasangan unit iklan adsense bisa lebih dari tiga didalam artikel tersebut.
Namun bagi kalian yang biasa menulis artikel pendek disarankan menggunakan secukupnya saja, karena jika kebanyakan maka isi artikel kalian akan termakan oleh iklan dan hal ini bisa juga menjadi masalah yang cukup serius.
2. Apakah Bisa Memasang Iklan Lain Selain Adsense Dalam Satu Blog ?
Jika banyak para blogger yang menyatakan tidak bisa memasang iklan lain (iklan pihak ke-3) dalam satu blog yang sudah terpasang iklan adsense, hal ini ternyata penjelasan yang keliru. Ternyata menurut keterangan yang disampaikan saat live streaming oleh perwakilan google adsense indonesia, hal tersebut tidak dibenarkan jika adsense menolak pemasangan iklan selain adsense.
Ternyata selama ini kita memang belum mempunyai jawaban yang pasti terkait masalah ini, namun setelah mendapatkan jawaban resmi dari google adsense saya sendiri pun ikut lega mendengar kabar baik ini. Namun dengan satu catatan iklan yang kita pasang harus setimpal dengan banyaknya artikel serta banyaknya suku kata artikel.
Dalam hal ini sudah bisa kita ambil kesimpulan, dengan kita memasang banyak iklan tentunya kita harus sering melakukan update artikel, dan isi artikel pun harus bisa menyesuaikan dengan banyaknya iklan yang kita pasang. Tentunya semakin banyak artikel yang kita miliki maka akan semakin baik juga tingkat relevansinya.
3. Dimanakah letak atau posisi iklan yang baik
Menurut informasi yang saya dapatkan pemasangan iklan yang baik untuk posisi layout adalah sebagai berikut:
- Satu unit dibagian header dengan ukuran responsive
- Satu atau dua unit dibagian side bar
Dan untuk poisis iklan pada isi postingan yang gterbaik adalah sebagai berikut :
- Satu unit iklan dengan ukuran 300 X 250 diletakan diatas pembukaan artikel, baik dibawah judul artikel atau disamping pembuka artikel
- Diposisi pertengahan artikel kalian bisa menggunakan jenis iklan native in article atau juga bisa memasang unit iklan dengan ukuran 300X250
- Diakhir postingan kalian bisa memasang unit iklan dengan ukuran responsive (default google) yang bisa menyesuaikan dengan kondisi template kalian
- Jika kalian sudah mempunyai fitur Matched content kalian bisa memsangnya juga setelahunit iklan ke tiga di akhir postingan
Selain tempat - tempat yang direkomendasikan diatas, kalian juga bisa membuat posisi iklan yang menurut kalian bisa menghasilkan keuntungan lebih buat kalian, namun harus kalian ketahui juga, jika kalian membuat fitur iklan melayang, hal ini harus kalian buat dengan sangat hati-hati dan jangan sampai akun adsense kalian dibanned .
4. Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Fitur Matched Content
Jika kalian ingin mendapatkan fitur ini, usahakan visitor kalian sudah mencapai 1000 s/d 3000 perharinya, maka dari itu dengan kita melakukan update rutin setuap hari maka fitur ini kemungkinan besar akan kalian dapatkan dengan cepat.
Apa keuntungan matched content
Fitur ini bisa dikatakan mirip sekali dengan fitur artikel terkait yang kalian miliki, namun yang membedakannya fitur ini dibuat dan diberikan secara khusus oleh google bagi para publishernya yang sudah mempunyai visitor diatas seribu setiap harinya. Dengan kalian mempunyai fitur ini, bukan hal tidak mungkin lagi jika eraning adsense kalian juga akan semakin meningkat. dibawah ini adalah fitur matched content yang saya miliki
Sorry oot.. Mumpung agan make tmplate evomagz.. Mau tnya dikit. gmna cara merubah nama Label 1 label 2 label 3 pada tmplate evomagz.. Menjadi sesuai yg kita inginkan
ReplyDeletemasuk ke settingan template mas => edit html kemudian cari nama label 1
Deletekalo saya di tambah font awesome