Pengertian Microsoft Excel, Fungsi Microsoft Excel dan Mengenal Database Excel 2013
6/14/2019
Edit
komputerdia.com - Microsoft Excel merupakan salah satu software (perangkat lunak) yang merupakan bagian dari paket Software Microsoft Office. Perangkat lunak atau software ini berjenis spreadsheet. Pada awal dibuatnya Microsoft Excel dapat berdiri sendiri dan bukan menjadi bagian dari Microsoft Office.
Namun untuk saat ini Microsoft Excel sudah merupakan suatu paket atau bundle dengan Microsoft Office yang terdiri dari berbagai perangkat lunak yang yang di fungsikan atau di manfaatkan untuk menunjang kebutuhan dan kelengkapan kerja, terutama untuk bidang office.
Aplikasi yang berbentuk lembar kerja ini dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk pengguna Apple Mac OS dan Microsoft Windows. Dalam aplikasi ini tersedia fitur pembuatan grafik dan fitur kalkulasi yang sifatnya agresif dan progresif.
Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data.
Pemakaian rumus sendiri dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya. Sedangkan pemakaian fungsi-fungsi dapat berupa pemakaian rumus yang bertujuan untuk menghitung dalam bentuk rumus matematika maupun non matematika.
Microsoft Excel dapat juga digunakan untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi, dari yang sederhana sampai dengan yang rumit. Pada pemakaian keperluan yang sederhana tersebut misalkan untuk membuat perencanaan kebutuhan suatu perusahaan, berupa perencanaan barang kebutuhan, jumlah maupun harganya.
Sampai saat ini Microsoft excel sudah sampai pada versi 2019, sedangkan saya sendiri masih menggunakan versi 2010. Perlu diketahui, meskipun berbeda versi tetapi fungsi tetap sama, hanya perbedaan terletak pada fitur yang pasti lebih baik dibanding versi terdahulunya.
Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja. Pada worksheet ini kita bekerja dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotakan kecil-kecil berupa sel-sel tempat kita memasukkan data.
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
- Pengertian Microsoft Excel, Fungsi Microsoft Excel dan Mengenal Database Excel 2013
- Mengenal Serta Memahami Pembagian Sel dan Range Microsoft Excel 2013
Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Excel
Microsoft Excel sudah tak asing dalam kehidupan kita sehari-hari,Microsoft Excel memiliki banyak sekali fungsi antara lain, sebagai berikut :
- Membuat sebuah laporan keuangan
- Membuat Daftar Nilai
- Membuat daftar hadir
- Melakukan operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat
- Menghitung Kurs Mata Uang
- Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan
- Membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran
- Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
- Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah
- Menyajikan data secara tepat, rapi dan akurat. Karena, Ms. Excel dapat melakukan hal-hal seperti dibawah ini :
- Menemukan dengan cepat pola dalam data
- Tepat di titik sasaran – datanya valid, prosesnya pun cepat
- Kita dapat mengakses Spreadsheet kita darimana saja
- Co-Authoring melalui aplikasi Web Microsoft Excel memudahkan kita mengedit spreadsheet yang sama dengan orang lain, meskipun di lokasi yang berbeda.
- The PowerPivot untuk Excel add-in , download gratis, menyediakan teknologi inovatif seperti integrasi efisien data dari berbagai sumber dan-cepat kilat manipulasi set data besar dengan sampai jutaan baris.
Mengenal dan Memahami Database Excel
Database merupakan suatu tempat yang difungsikan untuk menampung data dengan susunan yang teratur sehingga kita dapat memperoleh suatu data atau informasi dengan mudah, cepat dan juga tepat. Database sediri dapat dibuat dengan mudah dan cepat dengan microsoft excel karena worksheet excel sudah tersusun dam bentuk kolom-kolom dan baris-baris.
Setiap kolom didalam database merupakan sebuah field yang harus berisi data dengan jenis yang sama, sedangkan setiap baris dlam database merupakan record data yang berisi kumpulan data yang terdiri atas beberapa field.
Nama field (judul kolom) harus dalam satu baris serta mempunyai nama unik, artinya nama satu field harus berbeda dengan field lainnya. Agar lebih normatif, nama field sebaiknya dapat menjelaskan isi dari field tersebut.
Gambar diatas merupakan suatu contoh database yang mempunyai 6 Field dengan nama field sebagai berikut :
- Salesman
- Tanggal
- Nama Barang
- Jumlah
- Harga
- Total
Sedangkan database tersebut mempunyai 5 Record data, dimana setiap record tersebutmerupakan sebuah kumpulan data yang terdiri dari 6 Field.