Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar

komputerdia.com - Setelah pada pembahasan sebelumnya saya telah memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah atau panduan yang benar dalam membuat skripsi kualitatif, pada kesempatan ini saya akan memberikan salah satu contoh skripsi kualitatif.

Skripsi Kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan.

Namun jika kita lihat pengertian skripsi kualitatif dari pandangan para ahli, maka akan terdapat beberapa pengertian diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Menurut Saryono (2010), Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh social yang tidak dapat dijelaskan, diukur atau digambarkan melalui pendekatan kuantitatif.
  • Menurut Sugiyono (2011), metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan tri-anggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.
Selain itu landasan teori ini juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian. Terdapat perbedaan mendasar antara peran landasan teori dalam penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif.

Dalam penelitian kuantitatif, penelitian berangkat dari teori menuju data, dan berakhir pada penerimaan atau penolakan terhadap teori yang digunakan; sedangkan dalam penelitian kualitatif peneliti bertolak dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas, dan berakhir dengan suatu “teori”.

Contoh yang akan saya share ini adalah, skripsi kualitatif analisis SWOT. Banyak yang berargumen, jika dalam penyusunan skripsi kualitatif analisi SWOT cenderung dikategorikan kedalam golongan yang cukup rumit.

Pasalnya dalam melakukan penyusunan skripsi ini, peneliti harus melakukan berbagai riset data terlebih dahulu di perusahaan terkait dan melakukan beberapa riset di luar perusahaan, seperti penyebaran angket kepada konsumen (responden) dan yang lainnya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Contoh Penyusunan Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar

Skripsi Kualitatif Analisi SWOT

1. Intro

Dalam peyusunan skripsi ini, saya melakukan riset di PT. Icka Surya Elpita, Bekasi yang merupakan perusahaan yang mendistribuskan gas elpiji 3kg.
  • Jenis skrispi : Kualitatif (Deskriptif Kualitatif)
  • Jenis kertas yang digunakan : Ukuran A4 80gram
  • Jenis font yang digunakan : Times New Roman
  • Ukuran font yang digunakan : 12 
  • Ukuran font yang diguankan pada bagian cover : 14
  • Ukuran Batas Tepi Kertas (Margin) : Top 4cm, Bottom 3cm, Right 3cm dan Left 4cm
  • Judul Skripsi : Analisis SWOT Strategi Pemasaran Pada PT. Icka Surya Elpita Bekasi

2. Halaman Pelengkap Skripsi

  • Contoh Halaman Judul (Cover), bisa kalian lihat dan download DISINI
  • Contoh Halaman Prasyarat, bisa kalian lihat dan download DISINI
  • Contoh Halaman Pembimbing, bisa kalian lihat dan download DISINI
  • Contoh Halaman Pengesahan, bisa kalian lihat dan download DISINI
  • Contoh Lembar Pernyataan, bisa kalian lihat dan download DISINI
  • Contoh Lembar Pernyataan Tidak Plagiat, bisa kalian lihat dan download DISINI
  • Contoh Abstrak, bisa kalian lihat dan download DISINI
  • Contoh Lembar Moto, bisa kalian lihat dan download DISINI
  • Contoh Kata Pengantar, bisa kalian lihat dan download DISINI
  • Contoh Lembar Daftar isi, bisa kalian lihat dan download DISINI
  • Contoh Lembar Daftar Tabel, bisa kalian lihat dan download DISINI
  • Contoh Lembar Daftar Gambar, bisa kalian lihat dan download DISINI
  • Contoh Lembar Daftar Lampiran, bisa kalian lihat dan download DISINI

BAB I 
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Bahan bakar adalah suatu materi apapun yang dapat diubah menjadi energi. Biasanya bahan bakar mengandung energi panas yang dapat dilepaskan dan dimanipulasi. Kebanyakan bahan bakar digunakan manusia melalui proses pembakaran (reaksi redoks) di mana bahan bakar tersebut akan melepaskan panas setelah direaksikan dengan oksigen di udara. 

Gas adalah suatu zat yang dapat mengalir dan dapat menyebar serta bisa memenuhi suatu ruangan yang di tempatinya. Sama seperti cairan, gas mempunyai kemampuan untuk mengalir dan dapat berubah bentuk. 

Bahan bakar gas adalah semua jenis bahan bakar yang berbentuk gas, biasanya bahan bakar gas ini termasuk kedalam golongan bahan bakar fosil seperti Liquid Petroleum Gas (LPG) yang mana LPG tersebut merupakan suatu campuran dari propana, butana dan bahan kimia lainnya. Dengan demikian LPG atau dalam pelafalan bahasa Indonesia sering disebut elpiji merupakan gas minyak bumi yang dicairkan yang sudah dilakukan pencampuran dari berbagai unsur hidrokarbon yang berasal dari Gas Alam.

Sudah kita ketahui, bahwasannya penggunaan bahan bakar gas jenis LPG yang produksi serta di kelola oleh Pertamina yang mana lebih dikenal masyarakat luas dengan nama gas elpiji, saat ini lebih di fokuskan peranannya untuk memenuhi kebutuhan pokok, terutama untuk menunjang kebutuhan rumah tangga.

Untuk melakukan penyaluran atau pemasaran gas elpiji tersebut, pihak pertamina telah melakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang sebelumnya telah terdaftar sebagai agen resmi pertamina seperti halnya PT.Icka Surya Elpita. PT.Icka Surya Elpita merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan yang menjadi partner PT.Pertamina dan mempunyai peranan untuk mendistribusikan gas elpiji, terutama gas elpiji 3kg.

Contoh Penyusunan Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar



B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dijelaskan diadapat di identifikasi beberapa permasalahan sebagai berikut:
  1. Apa kekuatan strategi pemasaran pada PT.Icka Surya Elpita?
  2. Apa kelemahan strategi pemasaran pada PT.Icka Surya Elpita?
  3. Apa peluang strategi pemasaran pada PT.Icka Surya Elpita?
  4. Apa tantangan strategi pemasaran pada PT.Icka Surya Elpita?
  5. Apa strategi pemasaran yang tepat yang harus dilakukan oleh PT.Icka Surya Elpita?
  6. Apa matriks grand strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh PT.Icka Surya Elpita?
  7. Apa cara pemasaran yang dilakukan oleh PT.Icka Surya Elpita?
  8. Apa cara yang dilakukan oleh PT.Icka Surya Elpita untuk menarik minat konsumen?
  9. Apa cara yang dilakukan untuk mengatasi agar penyuplaian barang dari PT.Pertamina bisa berjalan secara maksimal?
  10. Apa sistem informasi yang digunakan PT.Icka Surya Elpita untuk mempromosikan gas elpiji 3kg?  

C. Pembatasan MasalahAgar penelitian ini dapat dilakukan lebih fokus, sempurna, dan mendalam  maka penulis memandang permasalahan penelitian yang diangkat perlu dibatasi variabelnya. Oleh sebab itu, penulis membatasi diri hanya berkaitan dengan “Analisis SWOT Strategi Pemasaran Pada PT.Icka Surya Elpita Bekasi.”  


D. Perumusan Masalah
Berdasarkan  batasan  masalah yang  telah penulis pilih maka dapat dirumuskan permasalahan penelitian ini sebagai berikut:

  1. Apa kekuatan strategi pemasaran pada PT.Icka Surya Elpita?
  2. Apa kelemahan strategi pemasaran pada PT.Icka Surya Elpita?
  3. Apa peluang strategi pemasaran pada PT.Icka Surya Elpita?
  4. Apa tantangan strategi pemasaran pada PT.Icka Surya Elpita?
  5. Apa strategi pemasaran yang tepat yang harus dilakukan oleh PT.Icka Surya Elpita?
  6. Apa matriks grand strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh PT.Icka Surya Elpita?

E. Tujuan Penelitian 
Tujuan penelitian merupakan jawaban atau sasaran yang ingin dicapai penulis dalam sebuah penelitian. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah:
  1. Mengetahui kekuatan strategi pemasaran pada PT.Icka Surya Elpita
  2. Mengetahui kelemahan strategi pemasaran pada PT.Icka Surya Elpita
  3. Mengetahui peluang strategi pemasaran pada PT.Icka Surya Elpita
  4. Mengethaui tantangan strategi pemasaran pada PT.Icka Surya Elpita
  5. Mengetahui strategi pemasaran yang tepat yang harus dilakukan oleh PT.Icka Surya Elpita
  6. Mengetahui matriks grand strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh PT.Icka Surya Elpita

F. Kegunaan Penelitian
Berdasarkan tujuan penelitian yang hendak penulis capai, maka penelitian ini diharapkan dapat memberikan suatu manfaat untuk penerapan strategi pemasaran baik secara langsung maupun tidak langsung. Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut :

Contoh Penyusunan Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar


G. Sistematika Penulisan
Untuk memahami lebih jelas laporan ini, maka materi-materi yang tertera pada Laporan Skripsi ini dikelompokkan menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut :

Contoh Penyusunan Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar



BAB II
LANDASAN TEORI DAN KERANGKA BERFIKIR

A. Landasan Teori
1. Strategi Pemsaran
a) Pengertian Strategi 
Menurut Glueck dan Jauch, Strategi adalah Rencana yang disatukan, luas dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan dengan tantangan lingkungan, yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dari perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi. Kata strategi berasal dari bahasa Yunani "strategia" yang diartikan sebagai "the art of the general" atau dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan. (Glueck dan Jauch, 1989 : 9) 

Menurut Lynch dalam Wibisono, Strategi perusahaan merupakan pola atau rencana yang mengintegrasikan tujuan utama atau kebijakan perusahaan dengan rangkaian tindakan dalam sebuah pernyataan yang saling mengikat. (Lynch dalam Wibisono, 2006 : 50-51)

Menurut Marrus, Strategi didefinisikan sebagai suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai. (Marrus, 2002:31)

Menurut Quinn, Strategi adalah suatu bentuk atau rencana yang mengintegrasikan tujuan-tujuan utama, kebijakan-kebijakan dan rangkaian tindakan dalam suatu organisasi menjadi suatu kesatuan yang utuh. 
(Quinn, 1999:10)

Dari keempat pendapat diatas dapat disimpulkan, bahwa strategi dapat diartikan sebagai suatu tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang sedang terjadi. 

Seperti yang diungkapkan oleh Ohmae (1999:10) bahwa strategi bisnis, dalam suatu kata, adalah mengenai keunggulan kompetitif. Satu-satunya tujuan dari perencanaan strategis adalah memungkinkan perusahaan memperoleh, seefisien mungkin, keunggulan yang dapat mempertahankan atas saingan mereka.


b) Pengertian Pemsaran
Menurut Kotler, Pemsaran merupakan salah satu bentuk dari proses sosial dan bagian dari memanagemen diri ataupun kelompok untuk mendapatkan kebutuhannya dengan menciptakan sebuah peluang, pertukaran, maupun penawaran terhadap sekelompok orang yang juga turut memiliki kebutuhan dan keinginan dari permintaan tersebut (Kotler. 2000 : 4).

Menurut Basu dan Hani, Pemasaran merupakan proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa, penetapan banderol harga dari barang dan jasa tersebut hingga proses promosi maupun pendistribusiannya yang keseluruhannya memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun memperoleh keuntungan dari proses pemasaran tersebut (Basu dan Hani 2004:4).

Menurut Kotler dan Amstrong, Pemasaran merupakan salah sati strategi dan proses managerial baik itu pribadi maupun kelompok guna saling melengkapi kebutuhan untuk bertahan hidup dan berkembang melalui pertukaran produk yang memiliki nilai jual tersendiri bagi para konsumen. (Kotler dan Amstrong 2001:346)

Menurut Supriyanto dan Ernawati, Pemasaran adalah suatu fungsi bisnis yang mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan yang belum terpenuhi dari pelanggan serta mengukur daya tarik dan potensi mereka dalam memperoleh keuntungan (Supriyanto dan Ernawati, 2010:231)

Dari keempat pendapat diatas tentang pengertian pemasaran, dapat disimpulkan bahwa Pengertian pemasaran adalah suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum.

Menurut Supriyanto dan Ernawati (2010:234), ada beberapa jenis pemasaran yang sampai saat ini masih digunakan, yaitu sebagai berikut:

Contoh Penyusunan Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar


B. Kerangka Berfikir
Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar
LPG (Liquid Petroleum Gas) atau dalam pelafalan bahasa Indonesia sering disebut elpiji merupakan gas minyak bumi yang dicairkan yang sudah dilakukan pencampuran dari berbagai unsur hidrokarbon yang berasal dari Gas Alam.

Sudah kita ketahui, bahwasannya penggunaan bahan bakar gas jenis LPG yang produksi serta di kelola oleh Pertamina yang mana lebih dikenal masyarakat luas dengan nama gas elpiji, saat ini lebih di fokuskan peranannya untuk memenuhi kebutuhan pokok, terutama untuk menunjang kebutuhan rumah tangga. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang retail distribusi gas elpiji 3kg adalah PT.Icka Surya Elpita.

Penelitian ini diawali dengan melakukan analisis pemasaran gas elpiji 3kg yang dilakukan PT.Icka Surya Elpita. Sebelum melakukan distribusi gas elpiji 3kg ke konsumen, terlebih dahulu PT.Icka Surya Elpita harus melakukan permintaan serta pengisian gas elpiji ke PT.Pertamina pada bagian SPBE (divisi khusus pengisian gas). Jika pengisian sudah dilakukan sesuai dengan alokasi yang diberikan, maka PT.Icka Surya Elpita sudah bisa melakukan pendistribusian sesuai jadwal yang telah dibuat. Oleh karena itu, analisis pemasaran ini dilakukan untuk mengetahui alur pemsaran serta banyaknya alokasi gas elpiji 3kg yang di distribusikan oleh PT.Icka Surya Elpita.

Ancaman-ancaman yang diindikasikan dapat menghambat alur pendistribusian gas elpiji 3kg ini adalah sebagai berikut: 
  1. Kelangkaan tabung gas yang disebabkan banyaknya penimbunan yang dilakukan oleh oknum-oknum penjual yang menginginkan keuntungan dari naiknya harga gas elpiji 
  2. Banyaknya oknum nakal yang melakukan pengoplosan gas secara illegal, dimana mereka dapat menjual gas dengan harga yang cukup miring jika dibandningkan dengan harga yang dikeluarkan oleh PT.Icka Surya Elpita
  3. Banyaknya permintaan tambahan alokasi gas elpiji 3kg dari konsumen kepada PT.Icka Surya Elpita yang tidak bisa direalisasikan, dikarenakan PT.Icka Surya Elpita sendiri masih tunduk atas peraturan dari PT.Pertamina
Selain ancaman-ancaman diatas, dalam proses pendistribusian yang dilakukan PT.Icka Surya Elpita juga terdapat beberapa kendala yang diindikasikan dapat menghambat, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Kurangnya jumlah pasokan gas elpiji yang diberikan PT.Pertamina
  2. Kondisi jalanan tidak stabil yang disebabkan karena faktor kemacetan
  3. Sistem pemasaran yang dijalanakan mamsih terhitung kurang efektif
Dalam kegiatan pendistribusian gas elpiji 3kg, faktor banyaknya barang yang di alokasikan PT.Pertamina serta permintaan barang dari para konsumen yang menjadi konsumen tetap PT.Icka Surya Elpita menjadi elemen penting agar dapat menjalankan proses pemasaran atau proses pendistribusian bisa mencapai target yang ditentukan.

Contoh Penyusunan Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A. Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan di sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang retail distribusi gas elpiji 3kg, nama tempat penelitian tersebut adalah PT.Icka Surya Elpita yang beralamat di Jl.Raya Pasar Kecapi Rt.009/016 No.4 Jatirahayu, Pondok Melati – Bekasi 17414, Tlp : 021.84991441 – 84978795.
Observasi penelitian dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu mulai dari bulan 2 Agustus 2018 sampai dengan 29 Oktober 2018 dan pengumpulan data penelitian seperti wawancara serta penyebaran kuesioner dilanjutkan pada bulan November 2018.

Alasan utama peneliti melakukan penelitian di PT.Icka Surya Elpita karena perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distribusi gas elpiji 3kg, yang mana saat ini gas elpiji 3kg sudah termasuk kedalam salah satu bagian dari kebutuhan pokok masyarakat, sehingga peneliti berasumsi bahwa kegiatan pendistribusian gas elpiji 3kg ini sangat menarik untuk diteliti. 

Berikut adalah penjabaran waktu penelitian yang sudah penulis rangkum dalam bentuk tabel, yang mana didalamnya sudah mencakup bulan penelitian, tahun penelitian serta nama-nama kegiatan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti.

Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar

B. Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Kualitatif. Menurut Sugiyono (2010:15) metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitaif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Metode penelitian kualitatif adalah metode yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah dari pada melihat permasalahan untuk penelitian generalisasi. 

Menurut Moleong (2007:6) penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll., secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.

Menurut Bogdan Taylor dalam L.J.Maelong (2011:4), metode penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif  berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. 

Menurut Sukmadimata (2009:53-60), penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk medeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, presepsi, dan orang secara individual maupun kelompok.

Contoh Penyusunan Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar


C. Subjek dan Sumber Data Penelitian
Menurut Arikunto (1998:144), sumber data adalah subjek darimana suatu data dapat diperoleh. Menurut Sutopo (2006:56-57), sumber data adalah tempat data diperoleh dengan menggunakan metode tertentu baik berupa manusia, artefak, ataupun dokumen-dokumen. Menurut Moleong (2001:112), pencatatan sumber data melalui wawancara atau pengamatan merupakan hasil gabungan dari kegiatan melihat, mendengar, dan bertanya. Pada penelitian kualitatif, kegiatan-kegiatan ini dilakukan secara sadar, terarah dan senantiasa bertujuan memperoleh suatu informasi yang diperlukan.

Dari ketiga pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa Sumber data penelitian yaitu sumber subjek dari suatu tempat yang mana data bisa didapatkan. Jika peneliti memakai kuisioner atau wawancara didalam pengumpulan datanya, maka sumber data itu diperoleh dari responden, yakni orang yang menjawab pertanyaan peneliti, yaitu tertulis ataupun lisan. Sumber data berbentuk responden ini digunakan didalam penelitian, dan pada penelitian ini penulis melibatkan 30 orang responden untuk melakukan pengisian lembar angket. 

Pada penelitian kualitatif, kegiatan-kegiatan penelitian dilakukan secara nyata, sadar, terarah dan senantiasa bertujuan memperoleh suatu informasi yang diperlukan. Berikut ini adalah jenis data yang akan digunakan dalam penelitian kualitatif :

Contoh Penyusunan Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar

D. Teknik Pengumpulan Data 
a) Langkah Menyusun Analisis SWOT
1. Pengumpulan Data
Pengumpulan data adalah prosedur yang sistematik dan standar untuk memperoleh data yang diperlukan (Nazir, 1988 : 211).  Data yang berhubungan erat dengan studi dan objek penelitian dapat berupa data primer maupun sekunder.

Data primer didapat melalui beberapa metode. Menurut Moh. Nazir Ph.d (1988:54), metode pengumpulan data primer antara lain :

  • Metode Pengamatan Langsung
Metode ini cara pengambilan data dengan menggunakan mata tanpa ada pertolongan alat standar lain untuk keperluan tersebut.  Cara mencatat pengamatan tidak mempunyai standar tertentu yang terpenting adalah fenomena dapat dicatat dan prilaku dapat diketahui dengan jelas.

  • Metode dengan menggunakan Pertanyaan
a. Kuesioner
Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan secara tertulis kepada responden untuk dijawabnya. (Sugiyono, 2005:162).

Kuesioner atau daftar pertanyaan adalah sebuat set pertanyaan yang secara logis berhubungan dengan masalah penelitian, dan tiap pertanyaan merupakan jawaban-jawaban yang mempunyai makna dalam menguji hipotesis. Daftar pertanyaan tersebut dibuat cukup terperinci dan lengkap. (Nazir, 1989:54)

Dari kedua pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa Dengan demikian kuesioner adalah daftar pertanyaan yang disiapkan oleh peneliti dimana tiap pertanyaannya berkaitan dengan masalah penelitian. Angket tersebut pada akhirnya diberikan kepada responden untuk dimintakan jawaban.

b. Wawancara
Menjelaskan bahwa wawancara dengan tujuan percakapan tertentu. Dalam metode ini peneliti dan responden berhadapanlangsung (tatap muka) untuk mendapatkan informasi secara lisan dengan mendapatkandata tujuan yang dapat menjelaskan masalah penelitian. (Lexy J Moleong, 1991:135)

Wawancara adalah proses pembekalan verbal, di mana dua orang atau lebih untuk menangani secara fisik, orang dapat melihat mukayang orang lain dan mendengarkan suara telinganya sendiri, ternyata informasi langsung alatpemgumpulan pada beberapa jenis data sosial, baik yang tersembunyi (laten) atau manifest. (Sutrisno Hadi, 1989:192 )

Contoh Penyusunan Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar


BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Profil Tempat Penelitian
1. Sejarah PT.Icka Surya Elpita
Menurut Keterangan Bapak Robinhot Siringgo, pada tahun 1996 adalah awal mula PT.Icka Surya Elpita mulai beroperasi mendistribusikan hasil minyak bumi yakni minyak tanah untuk di distibusikan ke pasar umum, dimana PT.Icka Surya Elpita beridiri dibawah naungan PT.Pertamina.

Seiring berjalannya waktu, kurang lebih dalam kurun 11 tahun tepatnya pada tahun 2007 Pemerintah Republik Indonesia meluncurkan kebijakan konversi minyak tanah ke gas LPG (Liquid Petroleum Gas) yang selanjutnya disebut elpiji. 

Meskipun banyak pro dan kontra dari lapisan masyarakat karena terkesan terburu-buru, kebijakan pemerintah tersebut tetap dijalankan. Dari berbagai perspektif, kebijakan pemerintah ini  sangat logis, mengingat  harga minyak mentah internasional saat itu cenderung  melonjak sangat tajam, dan apabila harga minyak tanah dalam negeri dipertahankan, pemerintah harus mengeluarkan dana APBN yang sangat besar untuk mensubsidi.

Sejak keputusan tersebut mulai dijalankan, saat itu juga ketersediaan minyak tanah sudah mulai mengalamai kelangkaan bahkan sudah bisa dikatakan sangat sulit ditemukan. Untuk mengatasi masalah tersebut, PT.Icka Surya Elpita pun mulai mencari solusi agar roda perusahaan tersebut tetap berjalan meskipun bukan pada minyak tanah lagi.

Contoh Penyusunan Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar

2.Visi dan Misi
a)Visi
Menjadi perusahaan unggul dan tangguh dalam bidang perdagangan gas dan peralatan yang dibutuhkan dalam industri dan pembangunan di Indonesia serta mampu menghadapi persaingan global.

b)Misi
Bekerja keras menciptakan peluang dan pertumbuhan untuk menjadi perusahaan yang terbaik. Mengutamakan mutu dan pelayanan demi kepuasan pelanggan, menjadi mitra usaha yang handal dan terpercaya, serta menjadi tempat untuk berprestasi dan mengembangkan diri bagi karyawan. 


3.Deskripsi Bidang Usaha PT.Icka Surya Elpita
Bidang usaha yang dijalani PT.Icka Surya Elpita adalah pendistribusian gas elpiji 3kg atau dalam istilah bakunya dikenal dengan perusahaan yang bergerak pada bidang Retail Distribusi.

Distribusi merupakan sekumpulan organisasi yang membuat sebuah proses kegiatan penyaluran suatu barang atau jasa siap untuk di pakai atau di konsumsi oleh para konsumen. Philip Kotler (1997:67).

Retail adalah Penjualan eceran meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang atau jasa pada konsumen akhir untuk dipergunakan yang sifatnya pribadi, bukan bisnis. Kotler (2000:502)

Jadi secara garis besar Retail Distribusi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh kelompok atau perusahaan untuk mengadakan, menjual dan menyalurkan suatu barang atau jasa kepada konsumen akhir dengan tujuan untuk bisa memenuhi kebutuhan konsumen.


4. Struktur Organisasi dan Job Desk Jabatan PT.Icka Surya Elpita
a). Struktur Organisasi

Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar
Contoh Penyusunan Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar

Catatan Panduan: 
  1. Sebelum melangkah pada pembuatan deskripsi penelitian, sebelumnya kalian harus sudah menyebar atau membuat kuesioner (angket) yang ditujukan kepada konsumen perusahaan yang sedang kalian teliti. 
  2. Jika kalian belum punya format untuk pembuatan angket konsumen tersebut, kalian bisa lihat dan Download DISINI
  3. Jumlah responden (konsumen) yang harus kalian targetkan paling sedikit adalah 25 orang. Dalam penyususnan skripsi ini, saya menggunakan sampel 30 responden (konsumen)
  4. Setelah angket disebar dan target telah melakukan pengisian pada form tersebut, langkah selanjutnya kalian bisa membuat bagian Deskripsi Penelitian.

B. Deskripsi Penelitian
1. Deskripsi Data Responden
a. Deskripsi Data Responden Menurut Penelitian

Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar
Catatan Panduan Pengisian Tabel Deskripsi Data Responden:
  • List atau Daftar Pendidikan Responden bisa kalian lihat dan kalian input dari lembar Angket Konsumen yang sudah di sebar sebelumnya
  • Untuk pengisian jumlah, silahkan kalian pilah dan pilih pada lembar angket konsumen yang sudah di sebar sebelumnya
  • Untuk kolom jumlah total responden pada bagian persentase harus menjadi 100%
  • Untuk penghitungan persentasenya kalian bisa guankan rumus dibawah ini
Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar
  • Jika hasil penghitungan dibelakang "koma" angka Lima (5) keatas, maka hasil penghitungan tersebut bisa kalian bulatkan keatas contohnya 16.666%  maka hasilnya silahkan bulatkan menjadi 17%
  • Jika hasil penghitungan dibelakang "koma" angka dibawah lima (4, 3, 2, 1) kebawah, maka hasil penghitungan tersebut silahkan kalian bulatkan kebawah. Contoh 16.454% maka hasil sebenarnya adalah 16%.
  • Rumus diatas berlaku juga pada penghitungan Deskripsi Data Konsumen menurut jenis kelamin, dan umur responden
Contoh Penyusunan Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar


2. Identifikasi Faktor Internal 
Faktor internal ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar kekuatan serta kelemahan yang dimiliki oleh PT.Icka Surya Elpita, Bekasi.

a.Kekuatan (Strenght)
Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar

b. Kelemahan (Weakness)
Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar

3. Identifikasi Faktor Eksternal 
Faktor eksternal digunakan untuk mengetahui peluang serta ancaman yang didapat serta dihadapi oleh PT.Icka Surya Elpita

a. Peluang (Opportunities)
Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar

b. Ancamana (Threats)
Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar
Catatan Panduan Pengisian Tabel Identifikasi Faktor Internal dan Eksternal:
  • Untuk pengisian tabel identifikasi faktor eksternal dan Internal, silahkan kalian copy paste pada bagain lembar Angket Konsumen, Lihat Contoh Angket Konsumen


C. Hasil Penelitian
Hasil penyebaran angket kemudian diolah untuk mendapatkan nilai bobot serta rating dari faktor internal dan eksternal 

Catatan panduan Pengisian Bobot Faktor Internal dan Eksternal:
  • Sebelum kalian membuat dan mengisi tabel identifikaksi nilai bobot serta rating IFAS dan EFAS yang dibagi menjadi dua bagian, yakni tabel bobot faktor internal dan tabel bobot faktor eksternal, kalian harus membuat halaman lembar pengisian bobot oleh pakar ahli (biasanya lembar ini diberikan kepada salah satu orang yang berpengaruh di perusahan yang sedang diteliti) dan membuat tabulasi penghitungan skor angket konsumen terlebih dahulu
  • Jika kalian belum mempunyai format lembar pengisian bobot pakar ahli, kalian bisa Lihat dan Download DISINI
  • Lembar bobot pakar ahli ini, silahkan kalian berikan kepada salah satu karyawan yang berpengaruh di perusahaan tersebut untuk diisi
  • Persentase yang dihasilkan harus 100%, biasanya jawaban persentase ini merupakan jawaban perkiraan dari para pakar ahli
  • Berikut adalah contoh dari halaman pakar ahli tersebut
Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar

  • Jika kalian belum mempunyai format tabulasi penghitungan skor angket konsumen, kalian bisa Lihat dan Downoad DISINI
  • Berikut adalah contoh dari halaman tabulasi tersebut
Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar
  • Pada kolom Daftar Responden, silahkan kalian buat banyaknya kolom sesuai jumlah responden yang kalian jadikan sampel
  • Pengisian nilai (angka) pada kolom daftar responden harus sesuai dengan nilai yang diberikan oleh responden pada lembar angket konsumen yang telah kalian sebar sebelumnya
  • Pada Kolom TOTAL, silahkan kalian isi dengan hasil penjumlahan nilai dari semua total responden dan harus sesuai dengan baris (kolom) pernyataan
  • Untuk mendapatkan nilai RATA-RATA, silahkan kalian gunakan rumus dibawah ini
Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar
  • Jika hasil penghitungan dibelakang "koma" angka Lima (5) keatas, maka hasil penghitungan tersebut bisa kalian bulatkan keatas contohnya 4,533  maka hasilnya silahkan bulatkan menjadi 4,6
  • Jika hasil penghitungan dibelakang "koma" angka dibawah lima (4, 3, 2, 1) kebawah, maka hasil penghitungan tersebut silahkan kalian bulatkan kebawah. Contoh 4,233 maka hasil sebenarnya adalah 4,2
  • Untuk mendapatkan nilai RATING, silahkan kalian bulatkan hasil penghitungan kolom RATA-RATA. Contoh Jika pada kolom rata-rata nilainya 4,5 4,6 dst, maka pada kolom rating kalian bulatkan ke angka 5, dan jika pada kolom rata-rata nilainya 4,2 maka pada kolom Rating kalian bulatkan menjadi angka 4
  • Untuk Nilai BOBOT, silahkan kalian masukkan nilai persentase dari lembar bobot pakar ahli yang sudah diajukan sebelumnya
  • Untuk nilai SKOR, silahkan kalian gunakan rumus 
Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar



1.Identifikasi Nilai Bobot dan Rating IFAS dan EFAS
a.Bobot Faktor Internal

Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar
Didalam penentuan rating, responden memberikan nilai menurut kesesuai faktor dengan kondisi yang sebenarnya, nilai rating sendiri diperoleh dari hasil rata-rata responden.


b.Bobot Faktor Eksternal
Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar

Berdasarkan hasil analisis SWOT diatas, maka dihasilkan perhitungan dengan grafik analisis X dan Y sebagai Berikut

Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar
Berdasarkan penghitungan diatas, maka grafik analisis X dan Y SWOT adalah sebagai berikut :
Contoh Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar

Berdasarkan analisis grafik swot diatas, strategi pemasaran PT.Icka Surya Elpita Bekasi yang bergerak pada bidang retail distribusi gas elpiji, khususnya pada divisi gas elpiji 3kg berada pada Kuadran I (Progresif ). 

Posisi ini menandakan sebuah perusahaan dengan pertumbuhan pasar yang tinggi serta berada pada posisi kompetitif yang kuat dan perusahaan pada kuadran ini mempunyai posisi yang sangat bagus. Oleh karena itu strategi yang cocok untuk PT.Icka Surya Elpita adalah strategy Agressive (bertumbuh).

Strategi bertumbuh (Aggressive Strategy) merupakan suatu pemikiran yang logis, analitis serta konseptualisasi hal-hal prioritas (dalam jangka panjang, pendek maupun mendesak), untuk dijadikan acuan dalam menetapkan langkah, tindakan, kiat, dan taktik yang harus dilakukan secara terpadu agar kegiatan terlaksana sesuai dengan tujuan, sasaran, dan hasil (output) yang harus dicapai berdasarkan kebijakan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Johnson dan Scholes (2004:175).

Contoh Penyusunan Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.Kesimpulan
Berdasarkan isi atau uraian dari bab hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil beberapa kesimpulan dari penelitian analisis swot strategi pemasaran pada PT.Icka Surya Elpita sebagai berikut:

1.Kekuatan Strategi Pemasaran PT.Icka Surya Elpita (Strength)
  • Memberikan produk berkualitas kepada konsumen
  • Karyawan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen
  • Memberikan sumber daya manusia yang handal kepada konsumen
  • Kebijakan yang diberikan perusahaan bisa memberikan kepuasan kepada konsumen
  • Memberikan harga jual yang murah kepada konsumen

2.Kelemahan Strategi Pemasaran PT.Icka Surya Elpita (Weakness)
  • Pengiriman atau penyuplaian gas selalu terlambat kepada anda
  • Kurangnya kuota penyuplaian gas kepada anda
  • Terdapat perbedaan harga jual antara konsumen satu dengan konsumen lainnya
  • Pegiriman gas tidak sesuai dengan jadwal
  • Pelayanan perusahaan tidak memuaskan

3.Peluang Pemasaran PT.Icka Surya Elpita (Opportunities)
  • Penggunaan gas elpiji 3kg sudah merata
  • Kebutuhan akan gas yang terus meningkat setiap hari
  • Banyak UKM, serta warung makan yang membutuhkan banyak stok
  • Minimnya penjual gas elpiji 3kg
  • Bisa memaksimalkan keuntungan dari harga beli gas yang cukup murah

4.Ancaman Pemasaran PT.Icka Surya Elpita (Threats)
  • Kenaikan harga beli dari pemerintah yang tidak diketahui anda
  • Ada pihak lain (penyalur gas)  yang bisa memberikan harga murah
  • Banyak pihak yang tidak bertanggung jawab yang melakukan praktek oplos gas
  • Harga jual yang diberikan oleh oknum pengoplos jauh lebih murah dengan harga yang anda berikan
  • Bayaknya pihak-pihak yang melakukan penimbunan gas elpiji, sehingga terjadi masalah kelangkaan gas.

5.Strategi Pemasaran PT.Icka Surya Elpita
Strategi pemasaran PT.Icka Surya Elpita Bekasi yang bergerak pada bidang retail distribusi gas elpiji, khususnya pada divisi gas elpiji 3kg berada pada Kuadran I (Progresif ).

Contoh Penyusunan Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar

B.Keterbatasan Penelitian
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini telah diusahakan dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur ilmiah, namun demikian masih memiliki keterbatasan yaitu:
  1. Masih terdapat jawaban kuesioner yang tidak konsisten menurut pengamatan peneliti. Karena responden yang cenderung kurang teliti terhadap pernyataan yang ada sehingga terjadi tidak konsisten terhadap jawaban kuesioner. Hal ini bisa diantisipasi peneliti dengan cara mendampingi dan mengawasi responden dalam memilih jawaban agar responden fokus dalam menjawab pernyataan yang ada.
  2. Terbatasnya waktu penelitian, sehingga membuat peneleiti kurang leluasa untuk melakukan eksplorasi terhadap perusahaan yang diteliti.
  3. Terbatasnya pengetahuan yang dimiliki oleh peneliti, sehingga penulisan serta penyusunan skripsi ini masih banyak kesalahan
  4. Terbatasnya biaya saat melakukan penelitian, karena jarak tempuh perusahaan yang cukup jauh dengan lokasi atau tempat tinggal peneliti.
  5. Penelitian ini hanya mengambil sampel sebanyak 30 responden.
  6. Sedikitnya jumlah sampel yang diambil karena keterbatasan biaya dan tenaga peneliti

C.Saran
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, peneliti memberikan saran sebagai masukan dan bahan pertimbangan. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti adalah sebagai berikut :

1.Bagi PT.Icka Surya Elpita
  • PT.Icka Surya Elpita diharapkan dapat memperbaiki sistem pengiriman atau menata ulang jadwal pengiriman agar tidak terjadi keterlambatan penyuplaian barang kepada konsumen.
  • PT.Icka Surya Elpita sebaiknya membuat peraturan-peraturan secara tertulis, agar karyawan lebih berhati-hati dalam bertindak dan dapat mengurangi perilaku-perilaku yang tidak etis yang dapat terjadi di dalam perusahaan. Selain itu, bertujuan agar karyawan selalu mematuhi peraturan-peraturan yang diterapkan dalam perusahaan.
  • PT.Icka Surya Elpita diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen, agar konsumen mendapatkan kepuasan yang maksimal.
  • PT.Icka Surya Elpita diharapkan selalu melakukan sosialisasi serta pengembangan diri kepada para karyawan terkait masalah harga jual yang diberikan kepada konsumen, agar tidak terjadi perbedaan harga jual kepada konsumen
  • PT.Icka Surya Elpita diharapkan bisa melakukan pengontrolan serta memberikan sosialisasi kepada para konsumennya, agar tidak ada pihak yang melakukan penimbunan fisik gas elpiji


2.Bagi Peneliti Selanjutnya
  • Agar mendapatkan suatu model penelitian yang baik dengan didukung oleh teori yang kuat disarankan untuk lebih memperbanyak referensi penelitian yang mampu mendukung topik yang diteliti.
  • Populasi supaya diperluas agar mendapatkan hasil yang lebih baik.
  • Jumlah sampel diperbanyak agar mendapatkan hasil yang lebih baik.
  • Variabel yang digunakan untuk penelitian ini sangatlah sedikit, oleh sebab itu pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel lainnya yang berhubungan dengan analisis swot strategi pemasaran. Sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih luas mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi strategi pemasaran tersebut.
Contoh Penyusunan Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar

DAFTAR PUSTAKA

Contoh Penyusunan Skripsi Kualitatif Analisis SWOT Yang Baik dan Benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2