Cara Mudah Mengatasi Disk Usage 100% Pada Windows 7/8/10

komputerdia.com - Tentunya kita menjadi sangat risi dan terganggu sekali ketika melihat komputer kita sering hang, aplikasi menjadi berat ketika beroperasi dan akhirnya menjadi menimbulkan keterangan "not responding". Didalam dunia komputer hal ini bisa wajar terjadi dan juga bisa mustahil terjadi tergantung dari spek komputer yang kita miliki.

Jika anda merupakan pengguna Windows, maka terkadang terjadi masalah yang sebenarnya tidak terlalu nampak namun cukup mengganggu. Salah satu masalah yang sering dialami pengguna Windows khususnya para pengguna Windows 10 adalah masalah penggunaan Disk yang mencapai 100%. Status ini bisa dilihat melalui Task Manager, pada jendela ini akan tampak bahwa Disk Usage sudah mencapai batas 100% yang artinya Hardisk yang terpasang pada PC/Laptop tersebut sedang melakukan pekerjaan berat

Nah ketika spek komputer anda sudah diatas rata - rata dan kemungkinannya tidak seharusnya mengalami hal tersebut, tentunya anda harus mewaspadai hal ini, bisa saja komputer anda terinfeksi malware. Terkadang permasalahan ini juga sering timbul ketika kita baru meyalakan komputer dan sudah di tampilan pesan tersebut.

Sederhananya bila computer anda selalu menampilakn notifikasi disk usage 100% permasalahan sesungguhnya ada pada hardware yang anda pakai. Dalam menyikapi hal ini komputerdia.com mempunyai kesimpulan jika kerusakan tersebut bisa saja terjadi pada harddisk yang muali rusak atau terdapatnya bad sector atau bisa juga hardisk yang anda gunakan sudah berusia lama sehingga perlu dilakukannya pergantian. Masalah lainnya yang menyangkut dengan hal ini adalah terjadi kerusakan pada Bagian PSU (Power Supply).

Cara Mengatasi Disk Usage 100%

A. Pengecekan Status Komputer

Cek terlebih dahulu untuk lebih meyakinkan jika pemakaian disk pada komputer kita memang sudah memenuhi batas maximal dengan cara menekan tombol CTRL + ALT + DEL .

Cara mengatasi disk usage (pemakaian disk) 100% pada windows 7, 8, 10



B. Cek Kondisi Komputer

Seperti pada umumnya permasalahan computer lemot, hal pertama yang perlu dikerjakan yaitu meyakinkan bila computer anda tidak terserang malware. Software antivirus setidaknya harus bisa mengatasi permasalahan ini, baik itu gratis maupun berbayar. Sekurang-kurangnya antivirus bawaan Windows, yakni Windows Defender telah dapat mengatasi permasalahan ini bila kerap di lakukan update, walau drive terbebani lantaran sistem scanning. 

Bila ancaman diketemukan, maka hal yang harus anda lakukan adalah hapus malware tersebut dan segera lakukan restart computer, sebelum malware tersebut meyerang ke bagian sistem yang lainnya



C. Mastikan Fitur Windows Search

kemungkinan permasalahan yang menyebabkan disk penuh selanjutnya yaitu aktifnya Windows Search. Ada satu bug dari Windows 10 serta Windows 8 yang sering disebut dengan istilah “search loop” yang sudah terbukti bisa meningkatkan load pada sistem drive.

Untuk menatasi hal ini, cara pertama anda bisa me-non aktifkan fitur ini hanya dalam kondisi sementara, caranya buka Command Prompt (Admin) dengan mengklik kiri pada Start Menu serta ketikkan perintah seperti berikut ini : 

net. exe stop “Windows search” 

Untuk mematikan Windows Search atau Indexing dengan cara permanen, tekan Win+R serta ketikkan service. msc, kemudian tekan Enter. Pada bagian window Service, cari serta buka Windows Search hingga terbuka Windows Search Properties. Dibawah Startup type, kemudian pilih Disabled. Di sini anda dapat juga mengklik tombol Stop untuk hentikan service. Click Ok untuk menyimpan setelan. 

Cara mengatasi disk usage (pemakaian disk) 100% pada windows 7, 8, 10

Sesudah beberapa menit anda mematikan Windows Search, maka kemampuan Windows 8. x atau Windows 10 bakal bertambah


D. Matikan fitur XX Service

Untuk sebagian pendapat, xx service jadi satu diantara permasalahan pemakaian disk yang bisa membuat computer menjadi lemot di Windows 8. x serta Windows 10. Untuk menangani permasalahan ini, buka Command Prompt serta ketikkan perintah : 

net. exe stop superfetch 

Cara mengatasi disk usage (pemakaian disk) 100% pada windows 7, 8, 10

dan pada bagian ini juga anda hanya membutuhkan beberapa menit untuk meningkatkan kembali performa computer anda. Selain itu anda juga harus segera melakukan Check Disk di Command Prompt  dengan cara mengetikan perintah: 

chkdsk. exe/f/r 

Setelahnya anda melakukan check disk, sistem komputer akan meminta anda untuk melakukan proses restart guna menyelesaikan pengecekan agar mencapai 100%


E. Lakukan Cek Flash Pada Browser

Sekarang ini kita memang sudah jarang sekali lihat flash, ini karena ia jadi satu diantara aspek yang paling rawan, perlu anda ketahui bahwa banyak serangan datang dari Flash. Hal semacam ini nampaknya jadi satu diantara penyebab paling umum untuk hard disk usage 100% pada Windows 10 serta versi - versi awal Windows, saat anda memakai browser Chrome silahkan anda buka perintah berikut ini pada address bar chrome anda. 

chrome :// plugins 

Anda bakal lihat plugin flash player dari sini, yang difungsikan untuk lihat video atau game flash. 

Cara mengatasi disk usage (pemakaian disk) 100% pada windows 7, 8, 10

Click tombol Disable dari Adobe Flash Player sampai ia bewarna abu-abu. Tunggulah beberapa menit serta cek Task Manager. Permasalahan kemampuan pada sistem drive pun akan terselesaikan dan restartlah browser anda


F. Disabled / Non-Aktifkan service

Perlu anda ketahui, bahwa terdapat 2 services yang perlu Anda disable, yakni : 
  1. Background Intelligence Transfer Service 
  2. Superfetch 
Caranya dengan membuka Run (Windows + R) kemudian ketikan services. msc dan silahkan anda tekan enter 
Carilah kedua nama services di atas, serta non-aktifkan bagian tersebut : 
  1. Double click ( Background Intelligence Transfer Service, Superfetch) untuk membuka tab baru 
  2. Ubah Status type jadi Disabled 
  3. Pada Tab Recovery ubah semua jadi Take No Action .
Cara mengatasi disk usage (pemakaian disk) 100% pada windows 7, 8, 10



G. Disable Automatic Update

Automatic up-date sesungguhnya tak jadi beban yang utama, Cuma saja saat koneksi internet yang kita  berada dalam masalah atau lemot tentu saja masalah ini akan menimbulkan overload memory dalam mengkoneksikan internet ke situs server up-date microsoft. 

Langkah lakukan disable automatic update yaitu : 
  • Masuk ke Control panel 
  • Kemudian pilih menu atau bagian System and security 
  • Pilih menu Windows Updat
  • Change setting jadi Never check for up-date

H. Edit Registry Windows

Pada step ini kita bakal mengedit registry windows kita. Tak perlu cemas dengan kondisi windows andamenjadi error atau trouble, seandainya Anda ikuti semua instruksi ini dengan benar. 

Sebagian registry yang butuh dirubah diantaranya : 
  1. Enable Prefetcher 
  2. Enable Superfetch 
  3. Enable SfTracingState (pada windows 10) 
Untuk langkah - langkah mengubah registry pada windows silahkan lakukan action seperti berikut : 
  • Buka Run (Windows + R) kemudian ketikan atau tulis regedit. exe dan tekan enter 
  • Lalu masuk ke folder HKEY_LOCAL_MACHINE 
» SYSTEM 
» CurrentControl Set 
» Control 
» Session Manager 
» Memory Management 
» Prefetch Parameters 
  • Lalu tentukan Enable Prefetcher, Enable Superfetcher, serta Enable SfTracingState (win 10) 
» Click kanan pada ke-2 file itu dan pilih bagian modify 
» Silahkan anda ubah value data tersebut jadi 0 seperti Screen shot di bawah

Cara mengatasi disk usage (pemakaian disk) 100% pada windows 7, 8, 10


I. Mengatasi Disk Usage 100% yang disebabkan oleh Skype

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menutup aplikasi Sype, dengan cara klik kanan pada icon Skype di Taskbar kemudan klik Quit.
  • Sekarang buka This PC, kemudian pergi ke C:Program Files (x86)SkypePhone.
  • Klik kanan file Skype.exe kemudian pilih Properties.
  • Klik tab Security, lalu pilih ALL APLICATION PACKAGE kemudian klik Edit.
Cara Mudah Mengatasi Disk Usage 100% Pada Windows 7/8/10
  • Pada bagian kotak dialog yang muncul, pilih ALL APPLICATION PACKAGE dan centang pada bagian permission Write untuk Allow.
Cara Mudah Mengatasi Disk Usage 100% Pada Windows 7/8/10
  • Langkah terakhir Klik Apply lalu klik Ok untuk menyimpan perubahan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2