Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG

komputerdia.com, Dunia era modern ini kian semakin canggih dan elegan, dahulu kecanggihan dunia maya hanya bisa didapatkan lewat teknologi komputer saja. Namun sekarang kepopuleran smartphone mampu menyaingi pamor dari teknologi komputer, berbagai macam fitur yang biasanya bisa di akses melalui komputer untuk saat ini fitur - fitur komputer sudah bisa dirasakan di perangkat smartphone, salah satunya adalah fitur OTG yang ada pada smartphone.

Apa itu OTG ? OTG ( On The Go) adalah sebuah standarisasi perangkat agar dapat terkoneksi dengan USB sehingga memungkinkan perangkat membaca data dari USB tanpa harus membuka nya dari perangkat komputer

OTG merupakan salah satu fitur pada smartphone yang mempunyai suatu kemampuan untuk membaca perangkat flashdisk melalui port USB OTG (Universal Serial BUS). Perlu anda ketahui bahwa OTG ini sudah ada sejak dulu yang hanya bisa diakses melalui Handphone tertentu saja, seperti Nokia dengan Type N900 dan itu juga bisa dilakukan dengan bantuan swithc cable OTG.

Untuk kalian pengguna smartphone, mungkin istilah ini cukup asing, meskipun pada kenyataannya ini bukanlah sebuah fitur baru. Secara sederhana bisa diartikan sebagai sebuah alat yang memungkinkan kita untuk menghubungkan perangkat baik smatphone / ponsel maupun tablet dengan Flashdisk atau perangkat / media lainnya. Namun perlu diketahui tidak semua perangkat android, java maupun symbian dapat menjalankan fungsi USB OTG.

USB On-The-Go, sering disingkat USB OTG, adalah suatu spesifikasi yang memungkinkan perangkat yang memiliki port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard dapat terpasang kepada mereka. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain.

Namun, untuk saat ini fitur OTG sudah sangat leluasa bisa diakses melalui perangkat smartphone apapun yang sudah mendukung langsung tanpa harus menggunakan switch cable OTG dan tentunya juga telah didukung oleh perangkat flashdisk yang sudah mempunyai dua sisi konektor yang berbeda.


Baca Juga Artikel Lainnya :

Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG


Pengertian Utama Flashdisk OTG

Pada dasarnya pengertian Flashdisk OTG sama saja dengan Flashdisk biasa yaitu sebagai media yang digunakan untuk penyimpanan data atau file portable yang bersifat permanen, namun pada perangkat Flashdisk OTG mempunyai dua ujung konektor yang berbeda, dimana konektor pertama bisa kalian akses melalui port USB komputer sedangkan sisi konektor lainnya dapat kalian gunakan pada port USB Smartphone

Fungsi Utama Flashdisk OTG

  • Sebagai alat atau media untuk penyimpanan data
  • Sebagai media yang dipergunakan untuk melakukan penyalinan dan pemindahan data pada komputer atau smartphone
  • Dapat menghubungkan Memory Card Reader, Flashdisk atau Hard Disk Eksternal secara langsung lewat Android
  • Dapat melakukan transfer data langsung dari flash disk tanpa butuh Komputer dulu. Sehingga dengan adanya fasilitas ini dapat lebih hemat waktu dan tempat dalam pemindahan data.
  • Mempermudah pekerjaan kita, seperti misalnya dengan hanya menancapkannya flashdisk USB OTG ke android atau iphone anda, maka anda bisa menemukan pekerjaan yang anda cari. anda dapat mengetik dengan dengan keyboard dan mouse fisik.
Menilik dari beberapa pengertian diatas, Fitur USB On The Go memiliki banyak manfaat. Secara standar USB On The Go membantu device untuk melakukan pembacaan dan penulisan data seperti flashdisk, card-reader, isi MP3 Player/smartphone lain (merk tertentu dengan modus mass storage) serta pembacaan/pengenalan HID (Human Interface Devices) seperti mouse, keyboard, serta gamepad.

Selain kemampuan standar sebagaimana disebutkan di atas, kemampuan fitur USB On The Go dikembangkan ke arah produktivitas yang ke depannya akan sangat membantu pengolahan data.


Alternatif Flashdisk OTG (OTG Connector)

Secara simpelnya, Flashdisk OTG merupakan flashdisk yang mempunyai dua konektor yang bisa diakses melalui port usb komputer dan juga port usb smartphone. Dalam hal ini, jika kalian tidak mempunyai Flashdisk OTG dan hanya mempunyai jenis flashdisk biasa yang hanya bisa diakses di perangkat komputer, kalian bisa mengatasi masalah tersebut dengan membeli OTG Connector

Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG
Secara fungsional, OTG connector ini mempunyai peranan yang sama dengan flashdisk OTG, namun dalam beberapa kasus, OTG Connector ini mempunyai kelebihan tersendiri, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Membaca Flashdisk dan Menambah Kapasitas Memori

Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG

Jika kalian memiliki flashdisk yang dilengkapi kemampuan USB OTG, kalian bisa langsung menancapkannya pada smartphone. dengan memanfaatkan fitur Adoptable Storage di Android, kalian bisa menyulap flashdisk untuk digunakan sebagai memori internal. Dan jika smartphone kalian tidak dibekali dukungan memori eksternal, flashdisk yang kalian hubungkan bisa digunakan sebagai memori tambahan untuk menyimpan file musik, foto atau video.


2. Menggunakan Mouse dan Keyboard Wireless

Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG

Berkat adanya fitur Host Mode, smartphone bisa digunakan sebagai media peripheral. Dengan menghubungkan konektor OTG ke smartphone, kalian dapat menggunakan keyboard dan mouse wireless agar memudahkan kalian mengoperasikan smartphone


3. Membaca Data Mengakses Card Reader

Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG

Saat kalian mempunyai banyak foto menarik di SD Card yang digunakan di kamera DSLR tapi lupa membawa komputer, kalian bisa langsung membaca data yang ada di dalamnya menggunakan card reader yang dihubungkan ke konektor USB OTG. 


4. Merubah Smartphone Menjadi Power Bank

Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG

Smartphone dengan kapasitas baterai yang sangat besar, sudah dipastikan akan awet baterainya. Dalam kasus ini, jika smartphone kalian sudah support USB OTG dan juga memiliki baterai yang sangat besar seperti ASUS ZenFone Max, kalian bisa menggunakannya sebagai power bank. 


5. Membaca HardDisk Eksternal

Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG

Pengguna komputer pasti akrab dengan yang namanya harddisk eksternal. Pasalnya, perangkat ini sangat bermanfaat untuk menyimpan data-data penting lainnya. Jika, kalian mempunyai smartphone yang sudah support OTG, kalian bisa membaca data di harddisk eksternal langsung di smartphone menggunakan USB OTG


6. Membaca CD / DVD Player

Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG

Selain fungsi diatas, jika smartphone kalian sudah support OTG, kalian juga bisa membuka atau membaca perangkat CD / DVD Player langsung di smartphone tersebut


Rekomendasi Flashdisk OTG Terbaik Saat ini

Merk flashdisk yang bagus dan Aksesphone rekomendasikan adalah Flashdisk otg sandisk. Mengapa harus sandisk? Ga merk lain. Hal utama memilih sandisk adalah karena kualitas dan keawetannya.

Berikut alasan komputerdia.com memilih flashdisk otg sandisk:

  • Sandisk perusahaan besar dengan kualitas yang bagus
Siapa pengguna gadget yang tidak kenal sandisk, ya sandisk sudah bertahun-tahun berpengalaman dibidang flash memory storage (kartu memory, ram, flashdisk, dll)

  • Super Cepat,  transfer Kecepatan dari Drive ke Komputer
Transfer dari flash drive dual Anda ke port komputer USB 3.0 memiliki kecepatan hingga 130MB / s Menulis kecepatan rendah dan berbeda dengan kapasitas drive. Port USB 3.0 diperlukan. Berdasarkan pengujian internal; (Kinerja mungkin lebih rendah tergantung pada perangkat utama). 1MB = 1.000.000 byte.

Kecepatan seperti ini memungkinkan untuk memindahkan seluruh film, buku audio, atau perpustakaan musik hanya dalam hitungan detik. Dan yang membantu membuat smartphone Android on-the-go anda ke perangkat hiburan serta kamera favorit Anda.

  • Kapasitas hingga 128GB
Menawarkan hingga 128GB Penyimpanan pengguna yang sebenarnya kurang. Penyimpanan, flashdisk otg SanDisk USB 3.0 memberikan Anda lebih dari kapasitas yang cukup untuk foto atau musik perpustakaan digital besar dan banyak ruang untuk bergerak video kemarin off ponsel Anda sehingga Anda memiliki ruang untuk menangkap apa yang terjadi hari ini.

  • SanDisk Memory Zona App Mengelola File
Unduh aplikasi SanDisk Memory Zona dari Google play store Dan menggunakannya untuk memantau memori yang tersedia dengan efisien mengelola, mengatur, dan cadangan file yang tersimpan di smartphone Android Anda.

  • Secara otomatis Terdeteksi Ketika Terhubung
Flashdisk otg yang satu bersifat "plug and play" flash drive otg secara otomatis terdeteksi ketika Anda terhubung ke sebuah smartphone Android OTG atau tablet.

  • Kompatibilitas dan Garansi
Flashdisk otg SanDisk Ultra Ganda Drive USB 3.0 kompatibel dan bekerja langsung dengan PC dan komputer Mac yang menjalankan Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Mac OS 10.6. Flashdrive otg  ini didukung oleh garansi lima tahun.

4 Responses to "Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG"

  1. Thanks sangat membantu infonya..👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama mas, terima kasih juga sudah berkunjung

      Delete
  2. brti tu fashdick otg tinggal colok langsung ke hp gan ?...btuh aplikasi tambahan ngak ngan u f1s, @apkah f1s jg mendukung otg ?...

    ReplyDelete
  3. @Baonk Kenyi : ngga perlu tambahan aplikasi apa2 mas, langsung tancap aja (Plug and Play)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2