Pengertian Wifi Adapter, Fungsi Wifi Adapter dan Cara Kerja Wifi Adapter

komputerdia.com - WiFi adalah sebuah teknologi untuk saling bertukar data menggunakan gelombang radio (secara nirkabel) dengan memanfaatkan berbagai peralatan elektronik. Diperlukan peralatan elektronik seperti misalnya komputer, smartphone, tablet, atau bahkan video game console untuk terhubung dalam jaringan komputer, termasuk internet, melalui Wifi.

Sedangkan WiFi Adapter adalah sebuah perangkat yang menyediakan konektivitas nirkabel pada PC dan laptop. Adapter wifi atau yang lebih dikenal dengan Wireles Local Area Network (WLAN) umumnya dipasang menjadi satu dengan motherboard pada PC dan laptop. Secara umum, adapter wifi beroperasi dalam dua mode, yaitu mode infrastruktur dan mode ad-hoc. 

Pada umumnya wifi adapter beroperasi dalam dua mode yaitu mode infrastruktur dan mode ad-hoc. Dalam mode infrastuktur, data pada jaringan ditransfer menggunakan access point yang berfungsi sebagai pusat.

Semua koneksi yang terlibat dalam jaringan akan berbagi identitas set identifier (SSID) layanan yang sama sebagai akses point. Selain itu, ia juga akan menggunakan kode keamanan seperti WEP atau WPA sesuai dengan pengaturan. Sementara itu dalam mode ad-hoc, koneksi jaringan tidak memerlukan jalur akses dan dapat langsung terhubung ke semua perangkat nirkabel. Dalam jenis mode konektivitas ini, koneksi mode ad-hoc harus menggunakan saluran dan SSID yang sama.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Wifi Adapter, Fungsi Wifi Adapter dan Cara Kerja Wifi Adapter

Fungsi Wifi Adapter


Fungsi uatam Wifi Adapter adalah menerima dan membagikan sinyal koneksi wifi ke komputer. Jadi tanpa Adapter Wifi, komputer tidak akan dapat menerima dan mengirim data melalui jaringan wifi ke komputer lain. karena komputer tidak dapat terhubung ke jaringan wifi. Pada sistem jaringan yang lebih luas, wifi adapter juga dapat kita manfaatkan untuk menukar koneksi antara PC dan Laptop.

Wifi Adapter memungkinkan kalian untuk terhubung ke jaringan hotspot wifi di sekitar kalian. Dengan teknologi ini juga, kalian bahkan dapat berbagi file di PC atau laptop lain menggunakan jaringan wifi dengan perangkat ini. Dengan begitu, Wifi Adapter memiliki fungsi yang sangat penting untuk komputer atau laptop.


Jenis - Jenis Wifi Adapter

Perlu kalian ketahui, Wifi Adabter tidak hanya satu jenis. Tetapi ada beberapa jenis Wifi Adabter yang dapat dibedakan menurut dua hal. Pertama menurut frekuensi, yang kedua menurut penggunaannya.

Berdasarkan frekuensi, Adaptor Wifi dibagi menjadi dua jenis. Ada Adapter Wifi Single band dan Wifi Adapter Dual Band, untuk penjelasannya bisa kalian baca pada poin berikut ini

  • Wifi adapter Single band adalah Adapter Wifi yang hanya beroperasi pada satu jenis frekuensi. Apakah frekuensi 2,4 GHz juga bisa 5 GHz. Jenis sinyal yang dikirim juga hanya satu jenis, hanya 2,4 atau 5 GHz. jika kalian menggunakan Wifi Adapter Single band 2,4 GHz frekuensi maka kalian hanya dapat menerima dan mengirim sinyal dari perangkat 2,4 GHz Fequency. Demikian juga, kalian juga dapat menggunakan adaptor wifi 5 GHz, kalian hanya dapat mengirim dan menerima Fequency 5 GHz.
  • Wifi Adapter Dual Band. Jika Wifi Adapter Single Band, kalian harus menggonta-ganti frekuensi untuk dapat menerima dan mengirim data hanya pada satu frekuensi. itu berbeda dari Wifi Adapter Dual Band yang dapat menerima dan mengirim dari dua jenis frekuensi. Yakni frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz.
Sedangkan jika melihat jenis wifi adapter berdasarkan penggunaannya, Wifi Adapter dibedakan untuk pengguna untuk komputer dan untuk komputer lain seperti PDA, notebook dan perangkat lain. Pada Wifi Adapter PC umumnya menggunakan slot PCI. Sementara Wifi Adapter untuk gadget non-PC dapat menggunakan kartu PCMCIA tanpa bantuan pemegang tambahan.


Cara Menggunakan Wifi Adapter

Sebelum bisa menggunakan wifi adapter, kalian harus meng-Install terlebih dahulu driver dari perangkat tersebut, jika driver belum terinstall maka perangkat tersebut tidak akan bekerja dengan baik. Setelah meng-install driver tersebut kalian hanya perlu menancapkan perangkat wifi adapter pada port usb komputer untuk menggunakannya



Penjelasan Wifi Adapter USB

Saat ini, wifi adapter dengan tipe USB sudah bisa kalian dapatkan dengan mudah di beberapa toko yang menjual aksesoris komputer. Device ini memiliki bentuk seperti flashdisk yang sering kalian gunakan untuk keperluan menyimpan dan mengcopy data. Wifi adapter jenis ini mulai populer digunakan pada tahun 2005 dan mulai populer di Indonesia sejak tahun 2006. Wifi adapter jenis USB ini mempunyai kehandalan yaitu praktis untuk digunakan di manapun.

Harga device ini cukup terjangkau, memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, dan pemakaiannya yang bersifat fleksibel. Wifi adapter tipe USB ini bisa kalian dapatkan dengan kisaran harga Rp. 300.000 sampai Rp. 600.000 tergantung dari merk dan spesifikasi yang kalian pilih.

Perlu diketahui, bahwa saat ini juga terdapat USB wifi adapter yang mendukung slot SIM card (USB Modem WiFi). Jadi wifi adapter model ini juga bisa digunakan sebagai modem. Penggunaan Wifi adapter jenis USB ini juga menawarkan beberapa keuntungan, yaitu 1) mengurangi penggunaan kabel, 2) tidak perlu meng-install perangkat keras internal, dan 3) dapat digunakan pada banyak device sekaligus.

Keuntungan yang terakhir adalah kalian  dapat menggunakan koneksi dari USB wifi adapter ini untuk digunakan pada banyak device sekaligus. Sebagai contoh kalian saat ini tengah menggunakan laptop untuk membaca informasi di blog ini, kemudian kalian sedang menggunakan smartphone, di lain pihak adik kalian sedang membaca buku online di tabletnya.

Maka dengan menggunakan USB wifi adapter ini saja kalian sudah bisa berbagi koneksi internet dari 1 device ke beberapa device sekaligus. USB wifi adapter ini juga mampu mencakup area yang cukup luas yakni hingga kurang lebih dalam radius 10 m.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2