Pengertian Disk Defragmenter dan Fungsi Defragmenter di Windows

komputerdia.com - Pengertian Disk Defragmenter adalah salah satu software atau tool pada sistem operasi windows yang berfungsi untuk menata kembali file yang terseimpan di dalam sebuah harddisk pada komputer. File yang ditata oleh Disk Defragmenter bisa berupa sisa dari program yang telah terinstall ataupun program yang di uninstall.

Selain itu data juga bisa berupa hasil jejak file yang pernah dicopy ataupun file yang pernah dihapus. File - file tersebut akan meningggalkan jejak yang jika dibiarkan lama kelamaan dapat menyebabkan menurunnya performa sistem operasi windows. Disinilah peran dari Disk Defragmenter karena windows tidak bisa melakukannya secara otomatis sehingga harus dilakukan secara manual.

Bagi banyak pengguna komputer fitur Defragmenter bukan lagi menjadi tool yang asing lagi, pasalnya tool bawaan dari operating sistem ini cukup bisa membantu dalam meningkatkan performa kerja perangkat komputer anda. dalam pembahasan kali ini Komputerdia.com akan membahas masalah tool defragmenter yang mana tool ini bisa mengatasi suatu tata letak file yang sudah berantakan pada perangkat komputer.

Selain penjelasan diatas, ada juga yang berpendapat, bahwa Disk defragmenter adalah salah satu program yang bisa anda gunakan serta bisa anda temukan pada suatu sistem operasi yang menggunakan os windows, yang mana fungsi program satu ini adalah sebagai program yang mempunyai fungsi untuk melakukan sebuah pembaharuan dan penyusunan ulang suatu file - file atau dokumen serta bisa memperbaiki suatu file registry yang berada didalam sistem komputer, didalam cara kerjanya sendiri defragmenter ini telah menugaskan jalur khusus dari operating sistem windows untuk mengambil suatu ruangan yang bertindak secara otomatis dalam menentukan ruangannya pada hardisk. 

Fungsi Disk Defragmenter

Selain berfungsi sebagai alat untuk melakukan suatu pembaharuan atas sebuah file, fitur yang satu ini juga bisa digunakan sebagai media yang mampu menjaga sebuah kestabilan peranngkat komputer serta mampu menjaga keadaan hard disk, hal ini dikarenakan karena fitur ini mempu menyelesaikan permaslahan yang terjadi pada bagian boot sector yang terdapat pada perangjat hard disk taupun mampu meluruskan masalah - masalah yang diakibatkan karena  rusaknya sebuah aplikasi.

Selain dituntut untuk mengetahui hal diatas, anda juga memang harus mengetahui hal - hala yang menjadi suatu syarat spesifikasi yang diberikan operating sistem windows, dan berikut point - point nya :

Operating sistem windows tidak dapat memperbaharui atau menegmbalikan suatu file secara FIX dengan metode automatis tanpa dilakukannya suatu perbuatan seperti misalnya dilakukan langkah defragmenter tadi.

Jadi pada uraian lengkapnya, sistem windows tidak bisa mengembalikan file yang telah hilang secara utuh lagi sepert sedia kala, tetapi jika file yang telah anda hapus masih tersimpan didalam sebuah penyimpanan Recycle Bin, sistem windows pun mampu mengembalikan file tersebut secara 100%.

Perlu anda ketahui juga bahwasannya sistem windows pun telang dilengkapi dengan menu Recent Documents dan System Restore ,  dimana fitur ini bisa menjadi suatu alternatif ketika kinerja dari disk defragmenter tidak bisa memberikan suatu hasil yang maksimal. karena  firur Recent post sendiri telah dirancang untuk bisa membantu mempermudah para pengguna windows tersebut dalam melakukan suatu pengontrolan sebuah data atau dokumen

Kesimpulan yang bisa didapat dari semua permasalahan yang ini adalah kita ditekankan untuk mencoba memperhatikan segala yang menjadi bentuk file - file yang terdapat pada prangkat komputer anda.

Langkah terakhir coba hapus semua file yang memang tidak anda gunakan sama sekali dari system perangkat komputer anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2