Cara Mudah Melakukan Partisi Harddisk Tanpa Harus Install Ulang Komputer

komputerdia.com, Ketika kita membicarakan masalah ruang di komputer, tentunya tidak lepas dengan yang namanya hardDisk, hardisk adalah salah satu hardware komputer yang mempunyai fungsi utama sebagai media penyimpanan data, baik data berupa file installasi program , installasi operating system, data dokument, data video maupun audio.

Di dalam istilah komputer, terutama kita yang menggunakan basic OS windows tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya " Local Disk ".

Pengertian partisi hardisk adalah bagian-bagian ruang hardisk (kapasitas). Selain alasan diatas tadi, ada beberapa lagi alasan yang membuat pembagian ruang hardisk ini sangat begitu penting. Beberapa poin penting tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Agar mempermudah pengelolaan file dan data-data lainnya. Misal partisi D untuk menyimpan Film, partisi E khusus untuk Software, dan partisi E diperuntukan untuk menyimpan berbagai file.
  • Memisahkan sistem operasi, jika menggunakan lebih dari satu OS. Karena tidak mungkin satu partisi digunakan untuk dua sistem.
  • Bisa mempercepat pengaksesan hardisk, terutama pada hardisk yang berukuran besar. Karena dibagi menjadi bagian bagian lebih kecil sehingga mempercepat proses pembacaan.

Sementara itu, pengertian Local Disk adalah tempat penyimpanan yang terdapat di hardisk yang sebelumnya telah melalui proses partisi , atau pembagian kapasitas di setiap ruangan tersebut.

Tentunya kita lekat dengan yang namanya install ulang komputer, karena hanya dengna install ulang kita dapat menjumpai fitur dimana harddisk akan di partisi. Sebenarnya untuk mengatasi masalah partisi perlu kita ketahui, bahwa hal ini tidak perlu kita lakukan saat proses install OS saja.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :


Cara Mudah Melakukan Partisi Harddisk Tanpa Harus Install Ulang Komputer

Jenis - Jenis Partisi Harddisk


A. Primary Partition

Ini merupakan partisi utama pada sebuah hardisk. Partisi ini lebih diperuntukan sebagai tempat penyimpanan dimana sistem operasi pada sebuah komputer terinstall. Maksimal jumlah partisi yang dibolehkan adalah empat bagian saja, itu pun jika tidak terdapat partisi Extended. Jika pada hardisk terdapat partisi Extended, maka jatah untuk primary berkurang, menjadi 3 saja.


B. Extended Partition

Pada dasarnya, partisi Extended ini merupakan partisi utama pada hardisk. Kedudukannya sejajar dengan partisi primary. Partisi ini tidak menangani pengelolaan data secara langsung. Untuk dapat mengolah data, kita harus menambah partisi logical terlebih dahulu. Partisi Extended ini merupakan pembukus satu atau lebih partisi logical. Jumlah maksimal yang dibolehkan hanya satu.


C. Logical Partition

Logical partition ini merupakan bagian dari Extended partition. Jenis partisi inilah yang biasanya digunakan sebagai penyimpanan data. Jumlah bisa lebih dari empat, yang jelas lebih banyak daripada primary partition.


Langkah Partisi Harddisk Tanpa Harus Intall Ulang

  • Langkah pertama anda buka menu  Start >> klik kanan pada menu computer >> kemudian klik menu " Manage "
  • Kemudian anda akan diarahkan ke halaman berikut ini, kemudian anda pilih menu " Disk management "
  • Selanjutnya anda Klik kanan pada partisi yang ingin dibagi dan pada bagian Enter the mount of space to sharink in Mb. Anda isi dengan berapa Mb size partisi yang ingin anda buat (ingat: 1Gb=1024Mb), pada contoh dibawah GKB akan menambahkan partisi/drive dengan size 10Gb.Setelah itu klik Shrink
  • Dan  klik kanan pada bagian yang diblok dengan warna Hitam , kemudian pilih menu New Simple Volume , kemudian anda klik next .
  • Setelah akan keluar lagi dialog konfirmasi untuk menereuskan ke langkah selanjutnya, dalam dialog tersebut kemudian anda klik Next lagi
  • Selanjutnya anda pilih Jenis local disk yang akan anda pilih,
  • Selanjutnya anda akan diperintahkan untuk memilih jenis format hasil fartisi tersebut , disana akan ada dua pilihan yanki FAT32 dan NTFS . untuk hal ini direkomendasikan, anda memilih jenis NTFS
  • Selanjutnya anda klik finish , dan lihat hasilnya di My Computer pada perangkat komputer anda
  • Selesai dan anda pun telah berhasil membuat partisi tanpa harus install ulang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2