Pengertian Internet, Intranet, Ekstranet dan Perbedaannya

komputerdia.com, Didalam duni komputer khususnya yang berkaitan dengan jaringan komputer tentu tidak bisa lepas dengan istilah internet, sudah hampir semua orang di dunia ini mengenal internet, namun didalam internet itu sendiri masih terdapat beberapa element penting yang harus kita ketahui seperti Intranet dan Ekstranet.

Jika dilihat dari segi ilmu pengetahuan, Internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi  atau data yang dapat berupa text, graphic, audio maupun animasi, dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Orang bisa “berkunjung” ke perpustakaan tersebut kapan saja dan dari mana saja.

Selain sebagai sumber informasi, jaringan internet juga merupakan sarana komunikasi. Komunikasi yang dilakukan di internet adalah komunikasi data. Segala sesuatu yang dikirimkan melalui internet berupa teks, suara, gambar, suara dan gambar dikirim dalam bentuk data. Hal ini berarti menggunakan internet adalah mempertukarkan data-data antara dua buah komputer.

Mengirim e-mail misalnya, kita kirim dalam bentuk data teks. Contoh lain, jika kita membuka sebuah halaman web, maka sebenarnya kita sedang mengirimkan halaman web dengan cara mengirimkan alamat URL-nya. Kemudian komputer server halaman web tersebut akan mengirimkan halaman web yang kita minta.

Internet merupakan Media Informasi tanpa batas yang belakangan populer dengan sebutan Cyberspace. seperti  halnya dunia  nyata (ada  baik-buruknya), di dunia maya juga ada  hal positif  dan negatifnya. Internet bisa memberikan  informasi yang sifatnya mendidik,  positif  dan  bermanfaat bagi kemaslahatan ummat manusia. tapi juga bisa dijadikan sebagai lahan kejelekan dan kemaksiatan. Hanya etika, mental dan keimanan masing-masinglah yang menentukan batas-batasnya.

Dalam hal pengertian internet beberapa ahli komputer mempunyai sedikit perbedaab didalam mendefinisikan masalah internet, namun terlepas dari sebuah teori tujua akhir mereka semuanya sama. dan berikut ini adalah beberapa pengertian internet menurut para ahli kommputer.


Pengertian Internet, Intranet, Ekstranet dan Perbedaannya

Pengertian Internet dan Layanannya


Pengertian pertama- Internet dan intranet adalah sebuah jaringan komputer yang dimana pada masing – masing komputer memiliki sebuak aksesbilitasi yang berbeda, namun meski sama – sama menggunakan suatu hardware dan software yang sama.

Pengertian Kedua - Internet adalah suatu metode yang digunakan untuk melakukan hubungan jaringan computer yang mempunyai sifat global, sedangkan intranet adalah jaringan yang memiliki sifat privasi (internal) yang metode penggunaannya dibatasi oleh suatu organisasi yang bersangkutan

Selain pengertian diatas ada juga yang mendefinisikan Pengertian Internet merupakan kependekan dari interconnection networking yang merupakan jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet merupakan jaringan terbesar didunia.


Layanan yang ditemukan di Internet
  • E-mail : adalah layanan dimana sebuah surat di buat dan dikirim kepada seseorang dari seseorang dalam bentuk modul data yang bentuknmya tak terlihat dan tak dapat di pegang, namun dapat dibaca sejara jelas lewat sebuah computer yang terhubung dengan internet
  • Web adalah situs penyedia layanan data pada jaringan internet global
  • Transfer file :   adalah layanan dimana pengguna internet dapat saling mengirim dan mengambil data dari computer satu ke computer yang lain.
  • Chat : adalah obrolan secara live, dimana seseorang dengan orang lain dapat saling berkomunikasi secara langsung dan disaat yang bersamaan
  • Messange Board :  adalah sebuah layanan yang biasanya berisikan dengan iklan.
  • Instant messaging :adalah suatu layanan dimana sebuah pesan yang masuk dapat terlihat dengan mudah contoh paling mudah dalam layanan ini adalah Veronica pada telephon jaman dulu.


Pengertian Intranet

Pengertian Ketiga- Intranet adalah sebagai salah satu koneksi yang didalamnya melibatkan sebuah teknologi jaringan computer , sedangkan untuk internet memilki arti sebagai salah satu system jaringan yang mencakup ruang lingkup secara global serta dapat memfasilitasi sebuah komunikasi layanan data seperti aktivitas transfer file, electronic mail, pengaksesan www atau world wide web serta newsgroup

Intranet adalah jaringan private yang menggunakan apliaksi internet protocol TCP/IP, jaringan ini menyediakan akses yang mudah terhada informasi perusahaan bagi karyawan, dan biasanya digunakan untuk mendisplay aplikasi perusahaan.
Sedangkan untuk Extranets adalah perluasan dari sebuah intranet untuk dipilh oleh outside business partners seperti suppliers, distributors, dan key customers, extranet juga memberikan akses yang mudah pada informasi perusahaan dan easy collaboration bagi mitra bisnis


Kelebihan Intranet
  • Produktivitas kerja.
  • Efisiensi waktu.
  • Komunikasi yang efektif.
  • Efektifitas biaya.
  • Meningkatkan kerja sama.



Kekurangan Intranet
  • Dapat mengurangi efektivitas kerja dengan adanya informas yang salah.
  • Intranet dapat digunakan untuk mengirimkan hal-hal yang kasar dan kurang sopan.
  • Diperlukan pelatihan kepada karyiawan dalam menggunakan intranet.
  • Perlu tenaga ahli untuk membangun intranet
  • Dapat terjadi overload  data jika tidak dilakukan kontrol dengan baik.


Pengertian Ekstranet

Pengertian Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.


Cara Kerja Ekstranet

Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.


Kelebihan dari extranet

Manfaat extranet, seperti waktu yang dikurangi untuk pasar dan biaya melakukan bisnis, dan akses cepat ke informasi mitra, mungkin sebanding dengan keamanan-biaya, server Web dan pengembangan, warisan integrasi sistem, dukungan yang berkelanjutan dan pemeliharaan.


Kerugian ekstranet

Extranet memerlukan sejumlah besar IS waktu dan energi, lebih dari apa yang diperlukan untuk mendapatkan intranet atau situs Web dan berjalan, yang mungkin menempatkannya di bagian bawah dari kelompok IS to-do list.



Konsep Utama Intranet dan Ekstranet

Perlu anda ketahui bahwa dari sekian lamanya usia tekhnologi informasi yang berlaku sampai saat ini memang berkaitan erat dengan perkembangan suatu jaringan komputer. Konsep dasar suatu jaringan internet dan intranet adalah sama – sama merupakan suatu bagian yang terpenting didalam jaringan computer.

Dalam hal ini jaringan computer memang sangat memungkinkan bentuk aktivitas berbagi seumber daya serta berbagi informasi sesama pengguna computer, Untuk informasi, bahwa jaringan komputer operasional pertama dikenalkan dan diciptakan di Negara amerika untuk memenuhi keperluan Departemen Pertahanan yang sampai saat ini dikenal dengan istilah “ ARPANET" atau dalam kata lain bisa disebut Advanced Research Agency Network.

Sejak saat itulah jaringan teknologi serta arsitektur sebuah jaringan computer mengalami perkembangan didalam kecanggihan serta kompleksitasnya, yang hingga saat ini bisa melahirkan suatu teknologi jaringan internet.

Perlu anda ingat bahwa didalam satu set perangkat lunak dan perangkat keras jaringan komputer telah berhasil menciptakan suatu teknologi komputer, konsep dasar internet dan intranet seperti apa yang telah kita ketahui adalah dua titik elemen pada suatu skala kompleksitas jaringan komputer


Perbedaan Internet, Ekstranet dan Internet

Pengertian Intranet dalam konteks perbandingan dapat diartikan sebagai salah satu jaringan computer yang bisa diakses secara global diseluruh dunia, computer yang sudah terintegarsi dengan jaringan internet dapat dilakukan pengaksesan oleh siapa saja yang memang mengetahui alamat IP tersebut, TCP IP inilah yang dapat mendefinisikan suatu lokasi computer tersebut berada.

Telah kita ketahui sendiri bawa sebagian besar kmputer sekarang telah menggunakan fasilitas nama Domain seperti https://www.komputerdia.com/, sebelum computer ini dapat diberikan suatu nama serta dapat diakses , maka terlebih dahulu alamat ini harus diterjemahkan oleh IP

Pengertian Intranet dalam konteks ini dapat diartikan sebagai salah satu jaringan yang tidak tersedia untuk umum atau global, jika seuatu jaringan intranet sudah terhubung pada internet, maka status intranet akan berada tepat dibelakang firewall yang dimana jaringan intranet ini yang akan menjadi jaringan ekstranet. Fungsi firewall disini adalah sebagai media untuk membantu pengontolan suatu akses antara intranet dengan internet

Pengertian Ektranet
adalah suatu akses perpanjangan sebuah jaringan intranet untuk bisa terhubung pada jaringan internet, dengan tujuan awal agar para user tertentu dapat diberikan suatu wewenang untuk dapat mengakses data – data pribadi sebuah jaringan computer melalui aplikasi berbasis web.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2